Situs Informasi Pendidikan Terlengkap di Indonesia

5 Prospek Kerja Lulusan SMK Jurusan Akuntansi

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu pilihan sekolah untuk pendidikan tingkat menengah atas di Indonesia. Lulusan SMK diharapkan langsung dapat langsung bekerja setelah lulus meskipun tidak melanjutkan kuliah. Salah satu jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan yaitu jurusan akuntansi. Lantas, lulusan SMK akuntansi bisa kerja apa saja, ya? Yuk, baca penjelasannya!

Prospek Kerja untuk Lulusan SMK Jurusan Akuntansi

1. Perencana Keuangan

Sebagai seorang lulusan SMK Jurusan Akuntansi, kamu dapat memilih karir sebagai perencana keuangan di sebuah industri atau membuka jasa perencana keuangan.  Perencana keuangan bertugas untuk membantu mengelola dan merencanakan keuangan perusahaan atau seseorang agar tujuan keuangannya tercapai. Gaji fresh graduate untuk perencana keuangan bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 10 juta.

2. Staf Akuntan

Jumlah Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Indonesia terus mengalami peningkatan sepanjang tahun 2020. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan bahwa Nomor Induk Berusaha (NIB) mendaftar pada tahun 2020 mencapai 1 juta permohonan dan sebagian besar berasal dari UMKM. Dari data yang ada, sektor UMKM berkontribusi sebanyak 60% terhadap perekonomian Indonesia.

Meningkatnya UMKM meningkat pula lapangan pekerjaan. Mereka tentu saja akan membutuhkan staf akuntan untuk mencatat keuangan UMKM tersebut. Jika kamu seorang lulusan SMK Jurusan Akuntansi kamu dapat berkarir sebagai staf akuntan di industri UMKM atau di sebuah perusahaan. Rata-rata, gaji fresh graduate di Indonesia yang bekerja di Kantor Akuntan Publik bisa mencapai Rp 4 juta hingga Rp 8 juta.

3. Teller Bank

Siapa sih yang tidak mau bekerja sebagai teller bank? Ternyata, lulusan SMK Jurusan akuntansi berpeluang besar jadi teller bank loh. Lulusan SMK akuntansi tentu sgp pools sudah terbiasa dengan pekerjaan-pekerjaan seorang teller bank seperti administrasi setoran, laporan transaksi, dan sebagainya.

4. Internal Auditor

Seorang lulusan SMK Jurusan Akuntansi juga bisa bekerja sebagai internal auditor sebuah perusahaan. Kamu akan bertanggung jawab untuk mengelola dan memastikan bahwa semua pelaporan keuangan perusahaan mengikuti prosedur dan tidak menyimpang dari alokasi keuangan. Kamu juga akan menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistem manajemen risiko sesuai dengan kebijakan perusahaan.

5. Pencatat buku (Bookkeeper)

Bookkeeper bertanggung jawab untuk merekam transaksi keuangan, menyelesaikan rekening, dan menyiapkan laporan keuangan. Pekerjaan ini juga masih terbuka untuk lulusan SMK jurusan akuntansi di perusahaan swasta maupun instansi pemerintah tertentu meskipun tidak sebanyak akuntan.

Exit mobile version